Minggu, 13 Mei 2012

Menakar kembali pemikiran Francis Fukuyama: The End of History


Patut kiranya kita mengkaji ulang pemikiran Francis Fukuyama dengan desertasinya yang bertajuk The End of History atau akhir dari sejarah. Memang tidak bisa dilepaskan dari latar belakang sejarah mengapa kemudian muncul buku tersebut. Buku tersebut muncul pada tahun 1989, saat-saat dimana berkahirnya idiologi Sosialisme Komunisme, yang sebelumnya berkuasa di Uni Soviet. Sosialisme dan Komunisme runtuh dengan adanya Perestorika dan Glasnost yang mengubah negara tersebut.

Patut kita ketahui pula bahwa Francis Fukuyama sendiri adalah tokoh think tank AS yang tentunya setiap apa yang digagasnya tidak jauh dari kepentingan AS. Terasuk dalam penulisan buku tersebut. Paling tidak ada beberapa tujuan dari penulisan buku tersebut yakni:
1.       Untuk mengimejkan bahwa dunia perang antar peradaban sekarang telah berkahir dengan kemenangan Kapiltalisme AS di satu pihak dan kekalahan idiologi-idiologi lain di satu sisi. Yakni Islam dan Komunisme. Kita tahu bahwa hanya ada 3 idiologi utama di dunia ini. Dengan mengimejkan hal tersebut menjadikan Kapitalisme semakin kuat. Sebagai penguatan opini bahwa tidak ada lagi idiologi yang cocok di dunia ini dan hanya Kapitalismelah yang cocok.
2.       Sebagai bentuk gagasan bahwa idiologi lain telah mati dan tidak akan bangkit lagi, hal ini untuk menguatkan idiologi kapitalisme sebagaimana diatas. Supaya idiologi lain dianggap tidak ada dan tidak level untuk melawan Kapitalisme yang sejatinya saat ini juga semakin mendeketi kematianya.
3.       Secara tidak langsung buku ini bertentangan dengan buku Clash of Civilizatiaon yang mennghadirkan pemahaman tentang benturan peradaban antara peradaban Barat dengan Timur. Karena dianggap tidak ada lagi pertentangan antar idiologi karena hanya Kapitalismelah yang menang.
4.       Patut kita ingat bahwa Francis Fukuyama adalah pemikir barat yang ingin mempengaruhi persepsi setiap orang di dunia ini dengan anggapan bahwa inilah akhir dari sejarah. Kalau dikaitkan dengan teori konspirasi maka akan dapat ditarik kesimpulan bahwa nanti akan muncul periode baru yang disebut dengan The New  World Order/ tatanan dunia baru dibawah bayang-bayang Kapitalisme dan juga Yahudi.. Kapankah itu terjadi??? (Solo, 11/5/12, 00.59)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar