Selasa, 01 Mei 2012

Sejarah LDK BDM al Hikmah IKIP Malang


Sejarah pergerakan di Indonesia tidak pernah dilepaskan dari peran para pemuda dan mahasiswa yang turut memperjuangkan Bangsa Indonesia. Berbicara tentang pergerakan mahasiswa di Indonesia tentu tidak bisa dilepaskan dari peran para aktivis mahasiswa yang bergerak di bidang dakwah dalam kampus yang biasa disebut dengan dakwah kampus, dalam sebuah lembaga yang dinamai Lembaga Dakwah Kampus (LDK). LDK sebagai sebuah lembaga memiliki peran yang tidak sedikit baik bagi lingkungan kampus, masyarakat maupun dirinya sendiri dalam berbagi peran-peran sosial. Didasarkan dari hal ini, peneliti melakukan penelitian terhadap keberadaan LDK di Malang yang memfokuskan penelitian di LDK Badan Dakwah Masjid (BDM) al Hikmah IKIP Malang (sekarang Universitas Negeri Malang) dalam rentang waktu tahun 1982-1999.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah terkait sejarah awal berdirinya BDM al Hikmah, perkembanganya dari tahun 1982-1999 yang dibagi dalam tiga periode pada masa awal berdirinya serta masa-masa sekitar reformasi, kemudian terkait dengan peranannya dalam pendidikan karakter.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Historical Research yang mengacu pada pendapat Kuntowijoyo dengan urutan: pemilihan topik, heuristik, kritik (internal dan eksternal), interpretasi dan historiografi. Untuk memperoleh data, peneliti melakukan studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini berupa data terkait proses awal terbentuknya BDM al Hikmah yang dilatarbelakangi oleh kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan tinggi yakni dengan adanya Normalisasi Kehidupan Kampus/ Badan Koordinasi Kemahasiswaan (NKK/ BKK) yang telah mendepolitisasi mahasiswa. Munculnya LDK juga didasari oleh adanya Revolusi Iran yang membangkitkan semangat umat Islam untuk bangkit melawan penjajahan bangsa barat dan memperjuangkan hak-haknya. Kemudian juga data terkait perkembangan awal BDM al Hikmah dalam masa–masa awal berdirinya organisasi ini tahun 1982, perkembangan LDK dari tahun 1990-1999 yang mengalami perubahan visi gerak LDK. Pengaruh masa krisis ekonomi terhadap LDK dan perananya dalam masa Reformasi. Kemudian juga tentang peranan LDK dalam pembentukan karakter anggotanya dalam bidang pendidikan, wirausaha, dan dakwah Islam.
Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada para aktivis LDK untuk tetap istiqomah berjuang mendakwahkan Islam di kampus dan menjadikan kampus ini sebagai sarana penggemblengan diri sebelum nantinya terjun di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar