Senin, 14 Mei 2012

Pertamini


Satu istilah yang sangat unik didapatkan penulis saat pulang kampung pada awal April 2012. Saat perjalanan pulang dari Solo ke Tulungagung lewat daerah Ponorogo. Di suatu jalan yang kecil menghubungkan Ponorogo dengan Trenggalek. Sebuah daerah yang lumayan jauh dari ibukota negara Indonesia. Dengan kondisi jalan yang sudah mulai rusak dan jalan yang begunung-gunung menggambarkan kalau ternyata kita ini negera yang kaya dan besar. Dari situ pula kita bisa melihat bagaimana kekayaan alam yang ada di Indonesia ternyata sangatlah besar.
Cuma kadang manusia saja yang lupa untuk bersyukur kepada-Nya. Syukur tidak cukup hanya dengan mengucapkan kalimat syukur tapi juga dengan segala perilaku yang menggambaran kita juga mentaati apa-apa yang diperintahkan oleh yang membuat alam ini. Dengan menjaga dan melastarikan alam ciptaan yang maha kuasa.
Kembali ke topik awal yakni istilah “Pertamini” ini paling tidak menggambarkan kalau kita saat ini meskipun disebut negara besar tapi sesungguhnya adalah mini alias kecil. Ya kita sekarang adalah negara yang kecil, wilayah kita sekarang sudah dikapling-kapling dengan jargon adanya OTONOMI DAERAH. Padahal itu adalah bom waktu yang sewaktu-waktu bisa meletus bila memang sudah menemukan momen yang tepat dan sesuai dengan pesanan mereka yang menginginkan negara ini pecah.  
Pertamini menggambarkan juga bagaimana pada saat ini perusahaan minyak milik kita sendiri “Pertamina” semakin lama semakin kecil/ mini. Karena pengaruhnya akan segera tergantikan oleh Chevron, Total, Petronas, Shell dan lain-lain yang kesemuanya telah meginjakkan kaki di Indonesia. Dengan jargon dan model penjajahan abad 21 yang lebih soft dan “bermartabat”dibandingkan dengan model penjajahan abad 19 atau 18. Yang aneh juga bahwa penjajahan model abad 21 ternyata didukung oleh anak negeri ini sendiri dengan berbagai undang-undang PMA yang semakin menyerngsarakan Indonesia.
Sejatinya PERTAMINI adalah bentuk protes anak negeri ini atas pengelolaan negara oleh penguasa yang gila harta dan kekuasaan. Kapankah kira- kira PERTAMINI yang ada di Ponorogo akan berubah menjadi Pertamina???? (Solo, 10/5/12, 23.30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar